Senin, 28 Desember 2009

PT Askes Buka Program Dokter Keluarga

Guna meningkatkan pelayanan terhadap peserta, PT Asuransi kesehatan (ASKES) terus melakukan perbaikan - perbaikan dibidang pelayanan kesehatan. Salah satunya adalah Perluasan Jaringan Pelayanan Dasar Dokter Keluarga. Demikian dikatakan Kepala PT Askes Rembang Haryanto SE.

Menurut Keterangan Haryanto, Pelayanan PT ASKES Mulai 1 Juni 2009 bekerjasama dengan 2 Dokter dalam program Dokter Keluarga, yaitu dr. Budi Dharmawan dan dr Esti Nursofiati. Selanjutnya ditindaklanjuti Pada bulan September 2009 dengan menambah Dokter keluarga yaitu dr Laksmi Iwandari praktek di Kota Rembang, dr. Nayasandra Yuliantoro praktek di Sulang, dr. Stefanus Toni Agus S.W praktek di Lasem, dan dr. Muliardi Subarjo praktek di Rumah dinas PKM Kragan I.

Dalam pelaksanaan program dokter keluarga, saat ini juga ada beberapa dokter lain yang mau bekerjasama dengan pihak ASKES. Dengan demikian diharapkan untuk daerah – daerah yang jauh dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) terdapat Dokter Keluarga, atau jika memungkinkan di suatu kecamatan terdapat banyak peserta ASKES, maka akan ditunjuk dokter keluarga di daerah tersebut. Semenjak digulirkan Program Dokter Keluarga ada sekitar 446 peserta ASKES yang memilih Dokter Keluarga.

Menurut kepala PT ASKES Rembang Haryanto, tujuan dari Program Dokter Keluarga ini adalah dapat mengganti pelayanan dasar yang dahulu di lakukan oleh pihak Puskesmas sekaligus meningkatkannya. Sehingga pihak Puskesmas dapat konsentrasi terhadap pelayanan program lainnya seperti JKRS, Jamkesmas dan lain-lain.

Selain itu banyak keuntungan yang di dapat oleh peserta Program Dokter Keluarga, antara lain pelayanan sore hari, sehingga tidak mengganggu jam dinas para PNS, pelayanan oleh Dokter secara langsung, penggunaan obat lebih luas atau variatif di bandingkan dengan puskesmas, dan Pemeriksaan laborat sederhana.

Heriyanto menambahkan setelah program dokter keluarga ini sukses, pihak ASKES juga sedang menjajaki kerjasama dengan dokter gigi, Langkah ini bisa dilaksanakan jika banyak peserta ASKES yang beralih dari Puskesmas ke Dokter Keluarga. Haryanto berharap dengan adanya program dokter keluarga, peserta dapat beralih ke dokter keluarga, karena akan mendapatkan kepuasan yang lebih dibandingkan dengan pelayanan sebelumnya.

1 komentar: