Senin, 28 Desember 2009

PESERTA ASKES DAPAT PELAYANAN DOKTER KELUARGA

PESERTA Asuransi Kesehatan (Askes) sekarang ini bisa mendapatkan pelayanan kesehatan tidak hanya di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) saja, tetapi juga mendapatkan pelayanan dokter keluarga yang ditetapkan PT Askes setempat.

"Kebijakan itu diambil untuk memperluas dan memberikan pelayanan lebih baik kepada peserta Askes Sosial," kata Kepala Regional III PT Askes (Persero), dr Erna Wijaya Kesuma, di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, selama ini peserta Askes mendapatkan pelayanan rawat jalan tingkat pertama (RJTP) di Puskesmas, lalu diperluas lagi dapat dilakukan pada layanan dokter keluarga.

Perluasan layanan dokter keluarga itu, diharapkan dapat meningkatkan hubungan antara dokter dengan peserta Askes Sosial selaku pasien untuk bekerja sama secara profesional dan harmonis dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan sendiri beserta keluarga, kata dia lagi.

Menurut dia, selama ini dalam pelayanan di puskesmas sedikit sekali kesempatan peserta untuk ditangani langsung oleh dokter, adanya keterbatasan waktu pelayanan hanya pada pagi hari, dan keterbatasan pelayanan obat serta kendala lainnya.

Karena itu, layanan diperluas dengan dokter keluarga dimaksud.

Namun, lanjut dia, dalam penentuan dokter keluarga itu pihak PT Askes yang menetapkan, mengingat telah disediakan daftar dokter yang dapat melayani berobat bagi pasien.

Dia mengemukakan, dengan program tersebut, PT Askes setempat hingga semester I tahun 2009 melayani sebanyak 54.209 jiwa (12 persen) peserta Askes Sosial yang telah mendapatkan pelayanan RJTP pada dokter keluarga di Sumsel.

"Tentu saja jumlah tersebut akan terus ditingkatkan, agar janji manajemen PT Askes (Persero) untuk selalu fokus kepada pelanggan dan memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Askes Sosial dapat kami wujudkan," kata dia lagi.

Berdasarkan data yang ada, cakupan peserta Askes terdaftar di dokter keluarga semester I tahun 2009 pada 15 kabupaten/kota di Sumsel sebanyak 64.209 peserta, dan yang terdaftar di puskesmas sebanyak 414.543 peserta.

"Sekarang ini PT Askes tidak lagi mengejar keuntungan, tetapi lebih mengarah kepada pengingkatan pelayanan sosial," kata dia pula.

Guna meningkatkan pelayanan sosial, seperti jaminan penggantian pembuatan kacamata bagi peserta yang ditingkatkan dari semula hanya Rp150 ribu menjadi Rp200 ribu, dan penggantian gigi palsu dari Rp400 ribu menjadi Rp1 juta.

Selanjutnya, penggantian pemasangan lensa tanam akibat katarak dari Rp500 ribu menjadi Rp750 ribu, termasuk penggantian alat bantu dengar dari Rp400 ribu menjadi Rp1 juta. *ant*im*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar